Deklarasi Bersama Perangi Kanker

Surabaya (radiomadufm.com) Ribuan relawan dari berbagai komunitas kesehatan di Jawa Timur,menggelar deklarasi pencegahan kanker, di Gedung Negara Grahadi, Surabaya. Kegiatan ini sebagai bentuk kampanye terhadap bahaya kanker, yang mengancam jutaan nyawa.

 

Memperingati Hari Kanker Sedunia,pada tanggal 4 Februari,Jawa Timur  bertekad memerangi bahaya kanker,yang mengancam jutaan orang

Melalui deklarasi grahadi,relawan yang dinaungi Yayasan Kanker Indonesia, mencanangkan berbagai upaya penanggulangan,terhadap berbagai jenis kanker. Salah satunya,kampanye berupa sosialisasi di sejumlah daerah,melalui pembagian brosur,seminar,hingga pendeteksian dini kanker, yang difasilitasi pemerintah Provinsi Jawa Timur.

Berdasarkan data yang diterima YKI Jatim,tujuh persen penderita kanker datang ke rumah sakit, dalam tahap stadium lanjut,sehingga berbahaya dan rawan tidak bisa tertolong.

Karenanya, YKI dibantu para relawan, berikhtiar keras untuk menekan jumlah korban. Hasilnya, jumlah penderita kini menurun, khususnya kanker mulut rahim dan kanker payudara, yang merupakan jenis kanker terbanyak diderita masyarakatPenderita kanker mulut rahim di tahun 2013 berjumlah 3.971,menurun menjadi 3.813,pada tahun 2014. Sedangkan,kanker payudara yang diderita 6.094 wanita pada tahun 2013,setahun kemudian menurun menjadi 5.127.

Berdasarkan data yang diterima YKI Jatim,tujuh persen penderita kanker datang ke rumah sakit, dalam tahap stadium lanjut,sehingga berbahaya dan rawan tidak bisa tertolong.

 

Karenanya, YKI dibantu para relawan, berikhtiar keras untuk menekan jumlah korban. Hasilnya, jumlah penderita kini menurun, khususnya kanker mulut rahim dan kanker payudara, yang merupakan jenis kanker terbanyak diderita masyarakat.Penderita kanker mulut rahim di tahun 2013 berjumlah 3.971,menurun menjadi 3.813,pada tahun 2014. Sedangkan,kanker payudara yang diderita 6.094 wanita pada tahun 2013,setahun kemudian menurun menjadi 5.127. (antara,fiqih)

Read 1016 times
Rate this item
(0 votes)
Published in Berita Utama

Leave a comment

Make sure you enter the (*) required information where indicated. HTML code is not allowed.

Live Madu TV

Live Radio Madu FM


Get connected with Us