Breaking News
Telapak Kaki "Nyembul" Di Atas Makam - Wednesday, 16 May 2018 15:12
Walikota Serahkan Kunci Di Program Bedah Rumah - Saturday, 10 February 2018 07:20
IMB Bagi Masjid Di Kota Kediri - Friday, 09 February 2018 08:01
Transaksi Non Tunai Bagi Guru Madin TPA - Friday, 09 February 2018 08:01
ProDaMas 2018 Mulai Terealisasi - Wednesday, 07 February 2018 11:11
Dua Santri Hanyut Diterjang Air Bah - Tuesday, 06 February 2018 02:06
Polisi Tangkap Pembuang Bayi - Monday, 05 February 2018 11:05
Hari Kanker Sedunia Di CFD Jalan Dhoho - Sunday, 04 February 2018 06:13
Puluhan Warga Terpaksa Menutup Operasional MJB - Saturday, 03 February 2018 10:11
Puluhan Massa "Cari" Kepala Kantor BPMPD - Friday, 02 February 2018 23:45
ProDaMas 2018 Segera Direalisasikan - Friday, 02 February 2018 12:12

Kerajinan Topeng Tembus Pasar Mancanegara

 

 

 

Yogyakarta (radiomadufm.com), Meski dilakukan secara manual dan tradisional namun usaha kerajinan topeng batik di Kabupaten Gunung Kidul Daerah Istimewa Yogyakarta , ternyata mampu menembus Pasar Internasional. Kini , para pengrajin itu  justru mengahadapi masalah lain yaitu keterbatasan sumber daya manusia , modal usaha , serta kebijakan pemerintah yang berubah-ubah membuat usaha mereka jalan perlahan.

 

Ini adalah  lokasi sentra pembuatan topeng batik yang terletak di Desa Wisata Bobung , Patuk , Gunung Kidul , Daerah Istimewa Yogyakarta. Desa ini terletak empat kilometer dari Kota Yogyakarta dan  memiliki potensi kerajinan yang kreatif. Meski hanya dilakukan secara manual dan tradisional namun  pemasaran produk kerajinan  boneka kayu dan topeng batik berbahan baku kayu sengon ini  ternyata mampu menembus Pasar Internasional ,baik di Kawasan Asia , Eropa, hingga Amerika Serikat . salah satunya adalah tempat pembuatan patung dan topeng batik milik Sujiman , pria yang sudah puluhan tahun menjadi perajin patung dan topeng batik ini  mempekerjakan sebanyak dua puluh karyawan yang berasal dari warga sekitar. Dalam seharinya, para perajin ini mampu menghasilkan hingga dua puluh buah topeng per orangya .

Kerajinan hasil kreasi para perajin inidijual dengan harga yang bervariasi. Antara sepuluh ribu hingga ratusan ribu rupiah, tergantung model dan ukurannya. Meski produk hasil kerajinan milik sujiman ini berhasil menembus Pasar Internasional  namun  Sujiman mengaku masih mengalami beberapa kendala dalam menjalankan usahanya antara lain keterbatasan sumber daya manusia , modal usaha , serta kebijakan pemerintah yang berubah-ubah membuat usaha mereka jalan perlahan.

 

Di Desa Wisata Bobung , Patuk , Gunung Kidul  ini  terdapat  empat ratus warga yang menggantungkan hidup sebagai pengrajin topeng. Kondisi wilayah dipegunungan  saat musim kemarau mendorong warganya   beralih profesi menjadi pengrajin guna menggerakkan roda ekonomi keluarga. (antara/ victorianus)

 

 

 

Read 1824 times
Rate this item
(0 votes)
Published in Berita Utama

Leave a comment

Make sure you enter the (*) required information where indicated. HTML code is not allowed.

Live Madu TV

Live Radio Madu FM



Get connected with Us