Banyak Jemaah Emosi Saat Lempar Jamrah

Jamarat - Lempar jamrah di Jamarat merupakan rangkaian kesembilan dalam ibadah haji. Di ritual ini, jemaah akan melemparkan sejumlah batu ke tiga tugu, yakni Ula, Usta, dan Akobah. Melempar batu ke tugu tersebut merupakan simbol perlawanan terhadap setan.

Seperti dilaporkan laman Antara, Senin, 21 Oktober 2013, banyak cerita beredar saat jemaah melakukan ritual ini. Banyaknya jemaah yang mempersonifikasikan tugu sebagai kediaman setan membuat mereka melempar batu secara emosional.

Saking emosionalnya, ada pula jemaah yang tidak menggunakan kerikil sebagaimana yang diajarkan, tetapi batu besar. Mereka berharap, batu besar bisa lebih ampuh dan setan bisa segera sirna. Bahkan, ada jemaah yang melempari tugu tersebut dengan botol minum kemasan.

Sesungguhnya, itu tidak sesuai dengan apa yang diajarkan. Maka tak heran jika ada kelakar yang berkembang bahwa orang yang melaksanakan ritual seperti itu justru seperti setan melempar setan. Akibatnya, tidak sedikit jemaah yang akhirnya terkena lemparan batu dari rekannya karena tidak berfokus melontar batu dengan baik.

Ibadah haji merupakan puncak ibadah tertinggi seorang muslim. Ibadah ini tidak bisa dimaknai dengan kekuatan fisik saja. Setiap jemaah harus memiliki ilmu dan jiwa yang lapang untuk didedikasikan pada ibadah ini. Tak ada hal lain yang diharapan kecuali rida Allah.

Read 1137 times
Rate this item
(0 votes)
Published in Info Haji

Leave a comment

Make sure you enter the (*) required information where indicated. HTML code is not allowed.

Live Madu TV

Live Radio Madu FM


Get connected with Us