Menpora TIinjau Stadion Jember Sport Garden

 

 

 

Jember (Antara Jatim) - Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrowi meninjau Stadion tipe B sesuai standar FIFA di kompleks "Jember Sport Garden" di Kabupaten Jember, Jawa Timur, Jumat.


"Untuk sekelas kabupaten, kompleks olahraga Jember Sport Garden (JSG) merupakan terobosan yang luar biasa," kata Menpora usai meninjau stadion dan melihat 'master plan' JSG tersebut.

Politisi Partai Kebangkitan Bangsa itu kagum dengan "master plan" Jember Sport Garden yang akan digunakan sebagai arena olahraga sekaligus rekreasi dengan lahan seluas 50 hektare.

"Setiap pemerintah daerah, swasta maupun BUMN didorong untuk berinisiatif memberikan wadah bagi olahraga sesuai dengan kemampuan daerah," tuturnya.

Kabupaten Jember, lanjut dia, dapat menjadi contoh kabupaten lain karena dengan kompleks olahraga itu akan menjadi peluang yang baik bagi dunia olahraga di masa akan datang dan tidak hanya bergantung pada APBN.

"Dalam master plan itu, selain stadion, ada sirkuit yang juga bisa membangkitkan potensi ekonomi di masyarakat. Itu akan mendorong kemandirian daerah dalam menjalankan otonomi daerah," paparnya.

Ia juga mengacungi jempol Pemkab Jember yang menggabungkan arena olahraga dengan tempat rekreasi, sehingga seperti kompleks Stadion Senayan di Jakarta.

"Kalau pembangunan JSG sudah tuntas, maka tidak menutup kemungkinan Jember layak dijadikan sebagai tuan rumah penyelenggaraan even-even olahraga tingkat nasional, bahkan internasional," ucap pria yang akrab disapa Cak Imam itu.

Dengan fasilitas olahraga yang baik, lanjutnya, diharapkan muncul bibit-bibit atlet yang bisa mengharumkan nama Jember dan bangsa Indonesia.

"Daerah yang memiliki cabang olahraga unggulan akan didorong agar bisa berkembang dan dapat bersaing menjadi atlet nasional karena Kemenpora akan mengeluarkan kebijakan untuk memfasilitasi semua daerah harus memiliki cabang olahraga unggulan," katanya.

Sementara Sekretaris Kabupaten Jember yang mendampingi Menpora, Sugiarto, mengatakan pembangunan JSG merupakan komitmen Pemkab Jember untuk memberikan wadah dan pembinaan kepada generasi muda.

"JSG dibangun dengan berbagai fasilitas olahraga dipadukan dengan rekreasi keluarga, sehingga diharapkan muncul bibit-bibit atlet muda yang berbakat," tuturnya.

Kedatangan Menpora di Jember disambut aksi damai Bonek Persebaya 1927 dan mereka membawa spanduk yang bertuliskan "Save Persebaya 1927, dan berantas mafia sepak bola". (*)

 

 

 

Read 1304 times
Rate this item
(0 votes)
Published in Olahraga

Leave a comment

Make sure you enter the (*) required information where indicated. HTML code is not allowed.

Live Madu TV

Live Radio Madu FM


Get connected with Us