Tuesday, Apr 14 2015

 

 

 

 

Tulungagung (radiomadufm.com), Bupati Tulungagung, Jawa Timur, Syahri Mulyo merasa bangga dan mengapresiasi atas penyelenggaraan ujian nasional "computer based test" di salah satu SMK negeri setempat, karena dianggap sebagai indikator kemajuan pendidikan di daerahnya.

Tuesday, Apr 14 2015

 

 

 

 

Trenggalek (radiomadufm.com), Pelaksanaan ujian nasional hari pertama di Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur dipastikan berlangsung tertib dan lancar, meski tidak lagi melibatkan pengawasan aparat kepolisian maupun tim independen di masing-masing sekolah penyelenggara.

Friday, Apr 03 2015

 

 

 

Jakarta (radiomadufm.com), Kementerian Agama (Kemenag) RI menerima pendaftaran para santri pada Program Beasiswa Santri Berprestasi (PBSB), terhitung sejak tanggal 1 hingga 20 April 2015 dengan pilihan program studi bidang IPA, IPS dan Keagamaan.

Thursday, Mar 26 2015

Surabaya (radiomadufm.com), Mahasiswa Universitas Airlangga (Unair) Surabaya menciptakan oven bioetanol untuk memproduksi Wingko Babat yang ramah lingkungan dan mampu meningkatkan produksi wingko.



"Dalam kompetisi karya tulis ilmiah nasional di Universitas Sumatera Utara, 19-23 Februari 2015, oven bioetanol itu memenangi Juara II USU National Scientific Challenge Event," kata mahasiswi Fakultas Sains dan Teknologi (FST) Unair, Yousida Hariani, Rabu.

Didampingi rekannya Masliana dari FST dan rekannya dari FPK, Ichwan Rosidi, ia menjelaskan Oven Bioraling (oven bioetanol ramah lingkungan) itu mampu meningkatkan produksi jajanan khas Tuban yang terbuat dari tepung ketan dan parutan kelapa itu.

Awalnya, Yousi dan rekan-rekannya melihat bahwa di daerahnya, Babat, Tuban, banyak pengusaha wingko babat yang bergantung pada bahan bakar kayu jati. Dalam satu kali produksi wingko dengan bahan baku 1 kuintal tepung ketan dibutuhkan bahan bakar 30 kilogram kayu jati.

Masalahnya, untuk menghasilkan wingko yang empuk dan tahan lama dibutuhkan suhu konstan 170-180 derajat celsius yang bisa dihasilkan dari kayu jati, sedangkan suhu tertinggi yang bisa dihasilkan kayu lain hanya 150-160 derajat celsius yang bisa mengurangi kualitas wingko.

Sementara itu, harga kayu jati Rp35 ribu per kilogram dan jika penggunaan kayu jati sebagai bahan bakar tidak dikendalikan, maka lambat laun bahan bakar ini akan langka, mengingat siklus hidup pohon jati cukup lama.

"Namun, bioetanol sebagai bahan bakar alternatif yang dibuat dari sampah organik apapun bisa menghasilkan panas sebesar 170-200 derajat celsius, karena itu kami merancang oven dan kompor dengan bahan bakar bioetanol," katanya.

Oven rancangan mereka terdiri atas pelat, pipa stainless steel, pengontrol suhu, dan "blower" untuk meratakan suhu di dalam oven, sedangkan panas oven berasal dari kompor bioetanol yang tersusun atas burner, pipa, regulator, dan tangki bioetanol.

Ia berharap masyarakat, khususnya industri, bisa beralih ke bahan bakar bioetanol. "Penggunaan bioetanol sebagai bahan bakar diharapkan bisa meningkatkan produksi karena lebih ekonomis," ungkap Yousi.

Sementara itu, empat mahasiswa Program Studi Teknik Industri Universitas Kristen Petra (UKP) Surabaya juga menyabet juara kedua dalam ajang Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI) yang diselenggarakan Teknik Industri Universitas Indonesia, Jakarta pada 12 Maret 2015.

Keempat orang mahasiswa adalah Cynthia Candradewi, Stefanie Mariana Linardi, Derried Anwar dan Hendry Sugianto Setiawan. Mereka berhasil menang dan membawa pulang piala, sertifikat, dan uang 1.750 dollar AS.

Dalam kompetisi yang mengusung tema "Increasing the Competitiveness of Gas-based Industry to Support Energy Security Through Strategic Management" itu, mereka bersaing dengan peserta dari 25 universitas terbaik se-Indonesia. (antara)

Thursday, Mar 26 2015

Jember (radiomadufm.com), Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kabupaten Jember, Jawa Timur, membuka program doktor untuk program studi Manajemen Pendidikan Islam pada tahun ajaran 2015/2016.



Peluncuran program doktor tersebut didahului seminar umum bertema "Upaya Strategis Peningkatan Mutu Sumber Daya Akademik di Perguruan Tinggi" yang digelar di aula IAIN setempat, Rabu.

"Pembukaan program doktor, setelah kami menerima SK Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama Nomor 1.681 Tahun 2015 tertanggal 19 Maret 2015, tentang izin penyelenggaraan program studi Manajemen Pendidikan Islam (MPI)," kata Rektor IAIN Jember Babun Suharto di sela-sela peluncuran program doktor di Jember.

Ia juga menyampaikan apresiasi kepada semua pihak khususnya kepada masyarakat Jember, sehingga upaya kampus IAIN dalam rangka pengembangan bisa dilakukan dengan dibuka nya program doktor pada tahun 2015. 

"Kami lega, setelah penantian panjang selama satu tahun, akhirnya penyelenggaraan program doktor bisa segera dibuka di kampus IAIN Jember," tuturnya.

Menurut dia, penyelenggaraan S-3 program studi MPI itu akan memberikan kesempatan seluas-luasnya bagi masyarakat untuk dapat menempuh program doktoral di Pascasarjana IAIN Jember. 

"Pengembangan IAIN akan terus digenjot dan status tidak hanya berhenti pada IAIN, bahkan dalam kurun tiga tahun kedepan IAIN Jember harus bisa berubah menjadi Universitas Islam Negeri (UIN) Jember," paparnya. 

Untuk itu, lanjut dia, segala bentuk kerja sama oleh semua pihak akan memberikan kontribusi yang besar sehingga diharapkan mimpi kampus IAIN Jember menjadi UIN Jember segera terwujud.

"Dengan begitu kampus ini nantinya bisa menjawab kebutuhan masyarakat terhadap kebutuhan pendidikan di tingkat perguruan tinggi," katanya.

Sementara Bupati Jember MZA Djalal saat memberikan sambutan dalam pembukaan program doktor tersebut mengatakan upaya IAIN Jember untuk melakukan pengembangan kampus sehingga bisa menjadi besar dan berkualitas menjadi tugas dan tanggung jawab bersama.

"Pemkab Jember juga akan turut berkontribusi dalam upaya pengembangannya, meskipun IAIN Jember merupakan lembaga PTKIN yang berada dibawah Kementerian Agama," katanya.

Sementara itu, pendaftaran calon mahasiswa S-3 itu dibuka mulai tanggal 20 Maret hingga 30 April 2015 dan segala persyaratan bisa dilihat melalui brosur atau melalui laman resmi www.iain-jember.ac.id.(antara)

Tuesday, Mar 24 2015

 

 

 

Jombang (radiomadufm.com), Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur, meminta buku pendidikan agama Islam yang memuat materi ajaran Islam radikal di Kabupaten Jombang, secepatnya ditarik dan direvisi.

Sunday, Mar 22 2015

Jakarta (radiomadufm.com), Ketua Umum Kongres Wanita Indonesia (Kowani) Giwo Rubianto Wiyogo mengatakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) harus memberi sanksi pada penulis buku agama yang mengajarkan kekerasan.


"Penulis harus diberi sanksi, karena ini sudah menyangkut SARA dan mengajarkan intoleransi," ujar Giwo di Jakarta, Minggu.

Buku Pendidikan Agama Islam kelas XI SMA yang isinya berbau kekerasan beredar di sejumlah sekolah di Jombang, Jawa Timur.

Pada halaman 78 dijelaskan orang yang menyembah selain Allah atau nonmuslim boleh dibunuh.

Buku itu juga dinilai memuat materi intoleransi terhadap agama lain.

"Kemdikbud juga harus menarik buku tersebut. Jangan dibiarkan tersebar," tambah dia.

Giwo mengaku heran mengapa Kemdikbud bisa kecolongan dengan beredarnya buku tersebut yang termasuk sebagai buku pelajaran Kurikulum 2013.

Buku yang ditulis tim MGMP PAI Kabupaten Jombang tersebut berasal dari buku sekolah elektronik (BSE) di laman Kemdikbud.

"Seharusnya Kemdikbud melakukan seleksi, sebelum meloloskan buku tersebut menjadi bahan pelajaran," tukas Giwo.

Ketua Pengurus Besar Nahdlatul Ulama, Slamet Effendi Yusuf, mengatakan apa yang tertulis di buku agama tersebut tidak sesuai dengan ajaran Islam, karena Islam mengajarkan kedamaian.

"Buku tersebut harus segera ditarik, karena menyesatkan," pinta Slamet Effendi Yusuf. (*)

Saturday, Mar 21 2015

Pasuruan (radiomadufm.com), Sembilan sekolah di Kabupaten Pasuruan siap melaksanakan Ujian Nasional (UN) secara online karena telah memiliki sarana dan prasarana pendukung seperti ruangan berikut komputer.

Page 1 of 6

Live Madu TV

Live Radio Madu FM


Get connected with Us