Sembilan Sekolah di Pasuruan Siap Laksanakan UN Online

Pasuruan (radiomadufm.com), Sembilan sekolah di Kabupaten Pasuruan siap melaksanakan Ujian Nasional (UN) secara online karena telah memiliki sarana dan prasarana pendukung seperti ruangan berikut komputer.


"Sembilan sekolah yang sudah siap melaksanakan UN online, itu adalah SMPN 1 Pandaan, SMPN 2 Pandaan, SMAN 1 Bangil, SMAN 1 Pandaan, SMAN 1 Purwosari, SMKN 1 Purwosari, SMKN 1 Bangil, SMKN 1 Grati dan SMKN 1 Gempol," kata Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Pasuruan, Iswahyudi, Jumat.

Ia mengatakan, pihaknya sudah melakukan pemantauan dan pembinaan terhadap sekolah-sekolah yang akan melaksanakan UN online tersebut dengan melihat kesiapan alat komputer, pelatihan terhadap siswa maupun guru guna membiasakan diri dalam penggunaan komputer, serta menyiapkan mental siswa.

"Kami juga sudah berkoordinasi dengan pihak PLN untuk mengatasi pasokan listrik agar tidak ada pemadaman. Selain itu, kami juga menitikberatkan pada jaringan maupun SDM pengawas yang akan menjaga jalannya UN Online," katanya menambahkan.

Menurut dia, kesembilan sekolah tersebut sepertinya sudah melakukan uji coba, mulai dari try out UN secara online sampai pelaksanaan UTS (ujian tengah semester) maupun UAS (ujian akhir sekolah). 

Sementara itu, Kepala Sekolah SMKN 1 Bangil, Supandi mengatakan ada 533 siswa kelas XII yang mengikuti UN secara online yang akan dilaksanakan pada 7 hingga 15 April mendatang.

"Kami siap melaksanakan UN online karena kami sudah mempunyai sarana lengkap dan sudah melatih siswa dengan mengerjakan soal dengan sistem online seperti ketika try out dan Ujian Tengah Semester (UTS) kemarin," katanya.

Sarana yang sudah dilengkapi, kata dia, ada 9 laboratorium komputer yang dapat digunakan oleh siswa secara bergantian, 5 komputer real server utama serta satu komputer server back up.

"Kami sudah menyediakan 150 komputer yang akan digunakan untuk UN dan genset untuk berjaga-jaga apabila ada pemadaman listrik. Jadi ketika ujian siswa akan bergantian karena jumlah ruangan yang hanya 9," katanya. (antara)

Read 785 times
Rate this item
(0 votes)
Published in Pendidikan

Leave a comment

Make sure you enter the (*) required information where indicated. HTML code is not allowed.

Live Madu TV

Live Radio Madu FM


Get connected with Us