Rotan Cirebon Penuhi Produk Rotan Nasional

 

 

 

Cirebon (radiomadufm.com), Rotan juga menjadi ciri khas Kota Cirebon.  80 persen produk rotan nasional dihasilkan di kota yang terkenal sebagai penghasil udang terbesar di Indonesia. Beragam bentuk meubel , seperti meja dan kursi , dikerjakan oleh perajin yang menyebar di 6 kecamatan di Cirebon.

 

Kota Cirebon mempunyai segudang pesona di berbagai bidang. Kota yang terletak di Pantai Utara Jawa Barat ini , memiliki beragam pengaruh suku bangsa dan  budaya , seperti Sunda , Jawa , Tionghoa dan Arab . Begitu juga banyaknya sentra usaha berkelas dunia  , yang sudah terkenal seperti udang ataupun batik .

 

Namun , tidak banyak yang tahu bahwa kota Cirebon juga memiliki sentra kerajinan rotan , yang mendominasi produk rotan nasional . 80% kerajinan rotan di tanah air , ternyata dihasilkan dari 6 kecamatan yang ada di Kota Cirebon .

 

Sejak 1980, kerajinan rotan menjadi komoditi ekspor dengan produk andalan seperti meja dan kursi rotan, atau aksesoris lainya .

 

Kerajinan rotan buatan rita ini , memiliki harga bervariasi , mulai  ratusan ribu hingga puluhan juta rupiah , tergantung dari bentuk dan pesanan .  Rita mengaku ia mampu meraih omzet hingga 30 juta rupiah perbulan, dari bisnis rotan ini. (antara/perveen)

 

 

 

Read 1465 times
Rate this item
(0 votes)
Published in Seni Budaya

Leave a comment

Make sure you enter the (*) required information where indicated. HTML code is not allowed.

Live Madu TV

Live Radio Madu FM


Get connected with Us